Pada hari Minggu tanggal 30 Juli yang lalu, Institut Aikido Indonesia (IAI) mengadakan latihan gabungan di Gedung Kementerian Koperasi Dan UKM, yang terletak di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Pusat. Latihan gabungan ini dihadiri oleh murid-murid dan tentunya para pelatih yang mewakili dojo-dojo yang bernaung dibawah organisasi ini.

Beberapa dojo yang terlihat ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah Dojo Kyoto - Kota Wisata Cibubur, Dojo Mandiri - Jakarta Pusat, Dojo Kementerian Koperasi dan UKM - Jakarta Pusat, Dojo Kementerian Luar Negeri - Jakarta Pusat, Dojo Just - Jakarta Barat, dan Dojo lainnya.

     

Latihan gabungan yang diselenggarakan sejak pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB ini dihadiri oleh beberapa petinggi-petinggi organisasi seperti Sensei Gana Murti selaku Penasihat IAI, Sensei Teddy Santiadji selaku Ketua Dewan Guru, Sensei Gede Andre Satria selaku Ketua Umum IAI, serta Sensei Harry R. Mekel dan Sensei Supriyanto selaku Dewan Pendiri IAI.

Latihan gabungan ini bertujuan untuk menyeragamkan teknik yang sudah dipelajari dan diaplikasikan selama ini, agar sesuai dengan teknik yang diajarkan dan disosialisasikan oleh Dojo pusat di Honbu, Jepang; juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota IAI. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk pendistribusian sertifikat ujian Mudansha, serta untuk mempersiapkan diri menghadapi acara tahunan GASHUKU yang akan diadakan bulan September 2017 nanti di gedung yang sama.

(VE - Kyoto)